Tuesday 5 December 2017

100 Puisi anak TBM Cerdas, siswa kelas 2 SDN 01 Wringinagung. (bag. 4)

subardi slamet a, Kelas 2 SD buat 90 puisi dalam waktu satu bulan


51.    OH TOPIKU


Oh topiku kau membuatku tidak kepanasan
Dan menjagaku  tetap putih
Kau membuatku bisa kemana saja tanpa takut kepanasan
Di luar rumahku yang depannya panas sekali

Kau juga banyak  modelnya
Ada yang untuk hari senin dan lain-lain
Terima kasih topiku kau membuatku tidak kepanasana dan nyaman
Kau juga membuatku tampak gagah

Pekalongan, 18 Nov 2017


52.                 DISAAT AKU DI DALAM PERLOMBAAN
KARYA: SUBARDI SLAMET A


Aku belajar dan aku membuat puisi
Karena sudah banyak, ibu setia ninseh menyuruhku ikut ke
Dalam perlombaan
Saat itu aku cemas, karena jika aku kalah aku pasti
Diejek teman-teman semua, dari kelas satu sampai kelas enam

Aku sudah berani, untuk menyenangkan ibu dan ayah 
Acarapun sudah dimulai, dan sekarang giliranku
Aku membuat puisi dengan judul oh ayah dan ibu
Saat babak pemilihan aku terkejut, karena aku juaranya
Terima kasih tuhan karena sudah memberi alam, dari situ aku belajar

BU SETIA NENGSEH KAU JUGA SUDAH MENDIDIKU SELAMA INI
KUUCAPKAN TERIMA KASIH UNTUKMU BU SETIA NINGSEH
SEMOGA KAU DIBERI PAHALA YANG BANYAK OLEH ALLAH
JASAMU TERUKIR DI MASA DEPANKU

Pekalongan, 18 Nov 2017
Ouisi karya anak kelas 2 lainnya KLIK DI SINI




53.                OH PAK JOKOWI

KAU MEMBELA NEGARA INDONESIA
MELAWAN MINUMAN YANG BERALKOHOL DAN ORANG YANG SUKA
MEROKOK
KAU MENCARINYA DENGAN POLISI
YANG TAHU DIMANA TEMPAT PENJUALAN MINUMAN KERAS

ITU SANGAT BERBAHAYA SEKALI BAGI MANUSIA
JIKA MEMINUMNYA
KITA AKAN HILANG INGATAN LIMA HARI ATAU TIGABELAS HARI
SEMOGA INDONESIA DAN NEGARA-NEGARA LAINNYA TIDAK MENGULANGI


54.                KEGIATAN ATHA SEPULANG SEKOLAH

Atha pulang sekolah bersama fandi
Sampai di rumah atha segera berganti baju
Tidak lupa atha mencuci tangan
Ibu belum pulang karena belanja

Tapi ibu sudah menyiapkan makan siang untuk atha
Kemudian atha makan siang
Makanan yang disiapkan ibu selalu dihabiskan
Tubuh atha sehat dan kuat

Pekalongan, 24 Nov 2017  TBM CERDAS


55.                OH PASAR


Kau dipenuhi orang-orang yang banyak sekali
Ada yang belanja  dan ada yang berkunjung
Kau dipenuhi orang yang berjualan
Ada yang sayuran  dan ada yang bakso beranak

Oh pasar setiap hari mesti kau dipenuhi orang
Banyak orang berwisata karena banyak uang
Banyak keramaiana yang ada setiap harinya
Oh pasar terima kasih karena banyak yang berjualan dari situ aku belanja  LOKER PUISI

Pekalongan, 18 Nov 2017

56.                OH SEMANGKA

Oh semangka kau dipenuhi biji-bijimu
Yang banyak sekali
Kau bisa dimakan atau dijual dipasar
Yang banyak orang-orang yang sedang belanja

Kau bisa dimakan tapi tidak bijinya
Bijinya tidak bisa dimakan karena tidak bagus untuk manusia
Dapat mengganggu pencernaan darah
Semoga warga  indonesia tidak memakannya

Pekalongan, 18 Nov 2017

57.                OH LAMPU


Kau membuat kegelapan menjadi keterangan bagi dunia
Kau menyebabkan semua planet  terang sekali
Kau juga membuat anak-anak mengerjakan PR saat gelap
Kau menyebabkan anak-anak naik sekolah kelas  dua, terima kasih

Pekalongan, 18 Nov 2017

58.                OH KAKAK


Kau menjagaku dari teman-teman yang iri padaku
Karena aku beli sepatu baru yang bagus sekali
Terima kasih kakak
Aku sayang kakak

Gara-gara kau aku tidak diganggu
Teman-temanku yang iri sekali padaku
Terima kasih kakak karena kau sudah menjagaku selama ini
Kalau aku sudah besar, aku akan  membantu kakak bekerja


Pekalongan, 18 Nov 2017

59.                OH MALAM


Kau membuat anak-anak tidur
Dengan mimpi yang indah
Malam itu untuk kita tidur 
Dengan nyenyak dan nyaman bagi anak-anak

Sepertiku kau dipenuhi bintang
Yang beribu-ribu banyaknya
Kau terlihat sangat cantik sekali
Terima kasih kau membuat kami  nyaman saat tidur

Pekalongan, 24 Nov 2017

60.                OH UANGKU


Kau membuatku tidak kelaparan
Saat dimana saja
Kau bisa digunakan untuk keprluan sehari-hari
Dan kau juga bisa digunakan untk menabung

Terima kasih
Karena sudah membuatkan kami uang pak presiden
Dengan bekerja kami pasti bisa dapat uang
Terima kasih  untuk jasamu pak presiden

Pekalongan, 18 Nov 2017


61.                OH MOTORKU


Oh motor kau mengantar kami
Lebih cepat kemana saja
Untuk ke pasar dan juga bisa ke kedungwuni dan lain-lain

Kau berguna untuk mengantarkan orang
Kemana saja yang diidginkan
Orang-orang semuanya
Terima kasih karena sudah mengantar kami kemana saja

Pekalongan, 18 Nov 2017


62.                 OH PAK ROMADI    1
KARYA SUBARDI SLAMET A


Kau yang mempunyai sekolah
Yang aku duduki sekarang
Kau peminpin sekolahan ini
Dengan sekolahan aku menampung ilmu

Di sana aku bangga sekali
Karena aku mempunyai banyak teman di sana
Terima kasih ibu dan ayah
Karena sudah menyekolahkanku di sana
Pekalongan, 18 Nov 2017



63.  OH PAK ROMADI    2
Karya subardi slamet a


Kau orangnya ramah dan pintar, kau pintar sekali
Hingga kau jadi guru pemimpin sekolah
Aku bangga di sekolahkan disana
Para gurunya baik semuanya

Aku dan teman temanku
Sangat berutang budi kepadamu
Aku bangga
Karena  banyak piala pasti banyak juara


Pekalongan, 19 Nov 2017

64.                OH LAPTOP


Kau digunakan untuk menulis dan bermusikan
Dan lain-lain yang lebih penting-penting
Laptop sangat penting sekali untuk guru-guru
Oh laptop aku ingin punya laptop

Bila aku punya laptop aku senang sekali
Bila aku besar
Aku ingin mempunyai laptop
Semoga aku punya laptop


65.                OH IBU ROOSMILARSIH


Kau mangajar murid-murid SDN 01 wringinagung
Untuk pentas dan perlombaan lain-lain
Oh ibu Roosmilarsih
Aku bangga  padamu karena sudah mendidiku

Kau mengajar kami dengan percaya diri
Sehingga kami memiliki piala juara satu
Terima kasih atas pengajaranmu
Aku senang dididik olehmu


66.                OH LEMARIKU


Engkaulah yang dibutuhkan untuk
Menaruh baju miliku dan orang-orang
Aku bangga membelimu
Karena  kau digunakan untuk  menruh bajuku

Kau membuatku bisa mengambil baju dengan mudah sekali
Kau membuat bajuku tidak hilang
Terima kasih karena menjaga bajuku
Jasamu akan teringat bagi manusia


67.                OH LANGIT


Kau menutupi angkasa
Kau membuatku dan semua orang
Bernafas dengan baik sekali
Aku senang sekali ada aman

Aku bangga karena kau membuatku tidak melayang di bumi
Karena kau menutupinya
Dengan asapmu yang banyak
Aku bangga karena engkau  berwarna putih atau biru


68.                OH BENDERA


Engkau yang menandakan negara, setiap negara pasti mempunyai engkau
Engkau berbeda-beda jenisnya
Ada yang bendera indonesia dan ada yang bendera inggris
Aku bangga karena aku hidup di indonesia

Aku senang sekali karena engkau
Engkau yang aku inginkan selamanya
Aku senang melihatmu di angkasa
Terima kasih karena sudah berkibar



69.                DINDA MEMETIK BUNGA


Saat itu dinda membantu ibu memetik bunga
Bunga di kebun-kebun dinda sangat banyak tanaman bunga
Rumah dinda terletak di pegunungan

Karena itu ayah dinda dan ibunya menjadi petani bunga
Bunga itu setiap hari dipetik
Diikat dan kemudian dijual ke pasar bunga
Banyak orang membeli bunga

Dan baumu harum sekali
Dan warnamu beraneka warnamu
Aku senang karena bisa melihatmu
Setiap hari yang aku mau


70.                OH JAKETKU


Kau membuatku hangat
Disaat hujan lebat sekali
Dan di es atau salju
Aku bangga karena hangatmu

Dan juga hargamu murah
Dan nyaman dipakai
Terima kasih karena menghangatkanmu
Jaket kau kurawat selalu agar tidak rusak

No comments:

Post a Comment