Saturday 2 December 2017

100 PUISI KARYA ANAK TBM CERDAS, SISWA SDN 01 WRINGINAGUNG. (bag. 2)

 50 PUISI KARYA SUBARDI SLAMET A, YANG DISELESAIKAN DALAM 1 MINGGU

21. Kucingku hilang...(cerita)   20 NOV

22.  Berangkat ke sekolah...(cerita)...20 NOV


23.                DISAAT AKU SAKIT


Saat itu aku berangkat ke sekolah
Saat hujan lebat ibupun mengantarku
Aku tiba di sekolah dan langsung ke dalam kelas
Akupun mengikuti pelajaran  sambil menahan dingin

Lama-lama badanku menjadi hangat karena  semua pintu tertutup
Akhirnya sudah bel ke empat itu tandanya
Aku sebentar lagi akan dibubarkan
Aku  merasa senang

 Aku keluar  saat itu hujanpun masih lebat
Aku merasa cemas
Karena ibu belum menjemput
Akupun berlari karena tidak ada orang,  dan aku sudah sampai dirumah

Saat aku di rumah aku merasa pusing
Kata ibu kamu pasti demam, besok kamu  libur dulu nak
Keesokannya temanku mengunjungiku
Dengan membawa buah dan bekal
Terima kasih teman-teman
Kalian sangat baik padaku
Aku bangga punya teman-teman seperti kalian

Pekalongan, 21 Nov 2017  


24.                BIS

Kau menyelamatkan kami dari pekerjaan
Sungguh mulianya engkau
Kau dibuat untuk mengantar kami
Kau membuat kami tidak terlibat masalah di kantor

Kau  menyelamatkan hari
Kau mengantar kami kemana saja
Terima kasih bis
Kau meliwati  jalan yang berkelok-kelok

Apa saja kau liwati
Terima ksih bis kau sudah mengantar kami
Aku senang  naik bis
Karena tempat duduknya nyaman dan bisa melihat  pemandangan  TAMAN BACA CERDAS

Pekalongan, 21 Nov 2017

25.                DOKTER



Kau merawatku saat aku sakit
Kau memberi obat untuk aku
Kau membuatku cepat sembuh
Kau menyelamatkanku dari penyakit

Kau menyelamatkan orang yang sakit
Menyelamatkan orang yang sakit dengan obat-obatan
Kau menunggu pasien yang datang
Agar orang yang sakit menjadi sehat

Kau menyelamatkanku dengan obat-obatan
Terima masih

Pekalongan, 21 Nov 2017


26.                HELM



Kau digunakan untuk  tidak  di silang/di tilang polisi yang sedang bertugas
Helm juga digunakan untuk keselamatan
Karena keselamatan sangat penting
Bagi orang yang suka menaiki motor

Kamu senang menonton di tv  motor gp?
Itu salah satu pertunjukannya
Semoga tidak diulangi lagi karena berbahaya
Di indonesia dan negara-negara lainnya



Pekalongan, 21 Nov 2017


27.                KORUPSI


Korupsi adalah mencuri uang  weliunan/triliunan
Korupsi juga disebut mencuri  di uang rakyat dan negara
Korupsi adalah perbuatan jahat

Perbuatan itu tidak boleh ditiru
Korupsi menyebabkan warga miskin
Kalau orang seperti itu akan dimasukan di penjara juga neraka

Orang tidak boleh seperti itu
Kita harus membela negara
Untuk tidak mengulangi lagi juga tidak boleh merokok dan
Minuman yang seperti itu

Pekalongan, 21 Nov 2017  LOKER PUISI


28.                 NASI YANG BERTAHUN-TAHUN


Nasi kau selalu ada untuk dimakan kami
Kau dibuat oleh tuhan untuk dimakan orang
Kau sudah lama dimakan orang
Karena banyak manfaatmu untuk  kita semua

Oh nasi sungguh mulianya
Sampai engkau dimakan oleh manusia yang ada di dunia
Kau menaruhkan nyawa untuk dimakan manusia
Agar manusia sehat dan tahan lama

Pekalongan, 21 Nov 2017

29.                IBU GURU


Ibu guru mengajarkanku dengan penuh kasih sayang
Hingga aku bisa, aku bangga padamu
Kau mewujudkan keinginanku nyata
Kau menjelaskan apapun hingga aku bisa mengerjakan

Kau yang kuinginkan selamanya
Kau membuatku tidak malu di dalam perlombaan apapun
Hingga aku meraih juara satu
Aku sangat berterima kasih padamu

                        Aku ingin jadi sepertimu

Pekalongan, 21 Nov 2017

30.                MOTOR GP


Kau dibuat untuk balapan
Balapan juga disebut perlombaan
Balap motor sama seperti perlombaan biasa
Orang ingin membelimu karena warnamu yang bagus

Motor gp juga bisa dibawa kemana saja
Untuk belanja membeli sepatu untuk sekolah dan lain-lain
Kau membuat orang ingin membelimu
Tetapi  hargamu mahal sekali


Pekalongan, 21 Nov 2017

31.                MEMADAM KEBAKARAN


Kau menyelamatkan orang dari api yang besar
Kau menahan panasnya api untuk menyelamatkan orang yang di dalam
Rumah yang kebakaran
Menyebabkan  kerugian besar

Kau membunyikan belmu
Untuk memberitahu
Orang yang di dalam rumah yang kebakaran itu
Kau  mengambil air dan langsung menyiramnya

Oh pemadam karena kau apinya padam
Pekalongan, 21 Nov 2017

32.                 IBU


Ibu kau melahirkan ku dengan sepenuh tenaga
Kau merawatku sepenuh hati
Kau membeli makanan dan minuman untuku
Kau membelikan perlengkapan sekolah untuku

Bila aku besar aku akan
Membalas kebaikan ibu
Dengan menggapai cita-cita
Yang penghasilannya banyak walaupun menyulitkan saat kerja

Pekalongan, 22 Nov 2017

33.                POLISI


Polisi adalah yang memberantas narkoba-narkotika
Polisi aku bangga padamu
Kau  pintar dan gagah
Kau seperti pahlawan bagiku

Bila aku besar nanti
Aku ingin jadi polisi
Aku ingin jadi pahlawan
Bagi dunia

Pekalongan, 22 Nov 2017


34.                PERPUSTAKAAN


Perpustakaan adalah tempat untuk mencari ilmu
Oh perpustakaan banyak sekali buku
Kau dipenuhi dengan buku cerita yang banyak sekali
Disana banyak pengetahuan

Orang pasti yang datang pasti akan membaca
Bukumu yang bersejarah bagi islam
Terima kasih gara-gara bukumu
Aku jadi bintang


Pekalongan, 22 Nov 2017

35.                PAHLAWANKU


Kau sudah membuat kemerdekaan yang besar
Kau memberantas tentara jepang dengan bambu luncing/runcing
Kau mengorbankan nyawamu
Demi indonesia

Kau membuat warga indonesia bangga
Kau pahlawanku juga pahlawan indonesia
Kau memberantas tentara sekutu
Dengan mengajak seluruh rakyat
Di kota Surabaya dipimpin Bung Tomo

Pekalongan, 21 Nov 2017


36.                BAPAK GURU OLAHRAGA 


Terima kasih karena sudah mendidiku
Meraih juara di dalam perlombaan
Sepakbola yang lawanya besar-besar
Tetapi karena kau terus melatihku aku bisa

Mengalahkannya aku bisa gara-gara kau
Aku berterima kasih padamu
Karena kau sudah melatihku hingga
Aku bisa berolahraga dengan benar

Terima kasih para guru sudah berjasa
Mengajariku semuanya
Murid-murid dan saya berhutang budi padamu
Bapak andi peras towo dan guru-guruku

Pekalongan, 12 Nov 2017

37.                RUMAH


Oh rumah kau melindungi kami dari cuaca apapun
Rumah kau digunakan untuk makan dan mandi dan lain-lain
Semua orang pasti memilikimu sebagai pelindung
Juga dari gangguan hewan buas

Semua anggota keluarga
Kau menyebabkan orang nyaman  di dalam rumahmu
Harus berlama-lama untuk membuatmu
Agar jadi kuat dan bagus dipandangan
Terima kasih rumah karena sudah melindungi kami dari cuaca apapun

Pekalongan, 22 Nov 2017

38.              IBU GURU.......


Pekalongan, 22 Nov 2017


39.                GURU

Guru kau menjadikan cita-citaku nyata
Kau sudah sabar mendidikku hingga aku pintar
Kau sudah merubah yang dulu menjadi hebat
Kau seperti orangtua saat mendidiku

Ibu guru adalah yang mendidik anak-anak hingga pintar
Kau yang kuinginkan selamanya
Kau sudah membuatku tidak malu disaat dalam perlombaan
Kau membuat juara

Pekalongan, 23 Nov 2017

40.                PAK GURU ZAMRONI


Disaat aku mendekati kau
Kau pasti menyuruhku membuat puisi
Saat aku mendekatimu, saat kau 
Masih melepok halaman kau menyuruh aku membuat puisi melepok halamansekolah

Saat aku masih menunggu
Kendaraan yang akan menunjuk ke bri
Yang mengundang kendaraan adalah pak zamroni
Kau juga menyuruhku membuat puisi
Saat di dalam bri kau menyuruhku duduk dan jangan berbolak-balik dan jangan menganggu teman yang sedang duduk
Kau juga menyuruhku membuat puisi bri
Oh pak zamroni kau membuatku tertawa dan kau juga tertawa



Pekalongan, 23 Nov 2017

 9

No comments:

Post a Comment